Silaturahmi Masjid Al Falah bersama Cak Nun dan Mbak Via di Old Pine Community Center

Silaturahmi Masjid Al-Falah bersama Cak Nun dan Ibu Via di Old Pine Community Center 401 Lombard St. Philadelphia, PA, USA.

Saat ini (20/9) dua jam setengah menjelang acara Silaturahmi Masjid Al-Falah bersama Cak Nun dan Ibu Via di Old Pine Community Center 401 Lombard St. Philadelphia, PA, USA. Beliau berdua tengah ditemani oleh Mas Aditya, salah satu dari teman-teman di Amerika Serikat yang setia mengawal dan menemani sejak kedatangan di Philadelphia kemarin.

Mas Aditya adalah orang Indonesia yang bekerja di Amerika, sehari-hari ia aktif sebagai pengurus Masjid Al-Falah. Mas Aditya berperan mengkomunikasikan tahap-tahap persiapannya ke tanah air. Kehadiran yang dinantikan itu sudah tiba. Mas Aditya dan rekan-rekan di sana mengungkapkan kebahagiaannya dengan memasang foto wajah Cak Nun di WA (WhatsApp) maupun BB (Blackberry) mereka.

Old Pine Community Center
Old Pine Community Center

Dan sedikit gambaran tentang teman-teman muslim Indonesia di sana, mayoritas mereka yang ada di Philadelphia merupakan imigran gelap. Jumlah imigran gelap di Amerika cukup banyak sekitar 15 juta orang, kebanyakan dari Amerika Latin, dan dari Indonesia hanya secuil dari situ. Mas Aditya sendiri, di mana Cak Nun dan Mbak Via tinggal di tempat beliau selama kunjungan ini, sudah menetap di Philadelphia selama 15 tahun. Selain itu ada juga teman-teman yang menemani istrinya kuliah di sana, suaminya kerja berstatus ilegal, karena tidak ada izin untuk bekerja.

Teman-teman pekerja Indonesia yang tinggal di Philadelphia melakukan pekerjaan apa saja untuk dapat survive di negara tersebut. Rata-rata teman pekerja Indonesia berprofesi sebagai buruh kasar, pekerja restoran, kerja di pabrik, laundry, dan lain sebagainya. Karena status mereka ‘pekerja gelap’, maka pendapatan yang mereka terima di sana hanya UMR saja, dan tidak mendapatkan fasilitas lainnya.

Nah, untuk maiyahan perdana dalam rangkaian kunjungan Cak Nun dan Ibu Via di USA ini kebetulan berlangsung di hari Minggu. Sedangkan lokasinya adalah Old Pine Community Center dan tempat ini biasa digunakan untuk kebaktian. Teman-teman di sana menyewa tempat itu untuk acara nanti. Saat ini lokasi masih digunakan untuk kebaktian gereja hingga pukul 13.00 waktu setempat.

Bergembira dan Belajar
Bergembira dan Belajar

Setelah itu barulah teman-teman Masjid Al Falah men-setting lokasi, panggung, dan keperluan-keperluan lainnya. Perkiraan acara baru bisa dimulai pada pukul 14.30 waktu setempat.‎

Di sela-sela persiapan maiyahan di Old Pine Community Center yang bertempat di pelataran City Hall Philadelphia, Cak Nun menyempatkan diri menerima wawancara dari kantor berita VOA. Mereka menanyakan tentang Islam di Amerika dan maksud kedatangan Cak Nun ke Amerika serta hal-hal apa saja yang akan disampaikan oleh Cak Nun. Cak Nun merespon, “Kedatangan saya kesini bukan untuk ceramah, melainkan untuk bersama-sama mencari kebenaran”.