Setahun 23 Bulan

Begitu seorang karyawan diterima, keluarganya dipanggil ke kantor untuk diberikan gaji tiga bulan pertama. Jumlah gaji yang diberikan dua kali lipat lebih banyak dibanding standar umum, sehingga sangat jauh di atas UMR.

Pimpinan perusahaan berkata kepada istri si karyawan: “Mudah-mudahan dengan uang seadanya ini rumah tanggamu aman. Tolong dorong suamimu agar bekerja keras. Kami semua juga mohon doa agar usaha kita ini diridhoi Tuhan sehingga bermanfaat bagi semua warganya dan masyarakat luas”.

Kalau datang hari ulang tahun Nabi Muhammad, semua karyawan digaji tiga bulan. Demikian juga pada hari-hari besar lain, termasuk 17 Agustus. Kalau Idul Fitri tiba, diterimakan gaji lima bulan. Dalam setahun, yang diterima para karyawan sebanyak 23 bulan gaji.

Pada idul adha, semua karyawan diberi jatah perkelompok untuk berkorban. Biasanya setiap hari raya korban oleh perusahaan disediakan sekitar 160 sapi, 500 kambing serta sejumlah uang. Zakat dan infaq perusahaan keseluruhan perusahaan ini pertahun antara 12 hingga 15 milyar.

Semua itu tidak pernah ditayangkan di teve ataupun dimuat di surat kabar.