CakNun.com
Wisdom of Maiyah (200)

Ngolah Pikiran

Rumini Zulfikar
Waktu baca ± 1 menit

Selama mengikuti Maiyahan saya memperoleh bimbingan bagaimana menjadi pribadi yang merdeka dan berdaulat. Wawasan saya bertambah luas.

Tidak terkotak-kotak oleh pemahaman yang sempit. Saya juga memiliki bekal mengolah diri saat menghadapi permasalahan. Pikiran jadi meneb, tidak grusa-grusu.

Selain itu saya belajar memberikan nilai kemanfaatan untuk lingkungan sekitar sesuai kemampuan dan potensi yang saya miliki. Melalui kelompok kecil yang kami bentuk saya berdiskusi, mengolah pikiran, dan ngopi bareng teman-teman. Paseduluran ngolah pikiran dan ngopi bareng berjalan guyub dan rukun. Kami Sinau Bareng kecil-kecilan untuk memaknai hidup dan memberikan manfaat kepada masyarakat di dusun kami.

Tema ngolah pikiran sering diangkat dari pelajaran Maiyah, dawuh-dawuh Mbah Nun, dan juga inspirasi teman-teman jamaah. Bagaimana kita berpikir, bersikap, berpendapat — semuanya dipandu oleh nilai-nilai Maiyah. Kami mengolah diri menjadi manusia yang tangguh, mandiri, tahan banting. Memiliki kepekaan hati nurani, ketepatan mengambil keputusan, keteraturan ritme dzikir, pikir, dan rasa.

Lainnya

Empat Poin Tentang Maiyah

Empat Poin Tentang Maiyah

Tulisan ini berawal dari pertanyaan singkat: “Apa yang membedakan Maiyah dengan majelis ilmu lainnya?” ...

Erika Novitasari
Erika Novitasari