Indonesia Bagian Berbahaya Dari Wonosalam
Pengantar
Saieda Wonosalam Park bekerjasama dengan pemerintah Desa Wonosalam Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang sedang mengembangkan suatu kawasan wisata edukasi dan sport di bukit Wonosalam dengan berpedoman pada prinsip “Desa Itu Masa Depan, Bukan Masa Lalu.”
Untuk keperluan ini, Saieda Park menggelar Sinau Bareng bersama Mbah Nun dan KiaiKanjeng dengan tema “Desa Itu Masa Depan, Bukan Masa Lalu.”
Tema ini, salah satunya, direspons oleh Mbah Nun dan KiaiKanjeng melalui dramatic reading berjudul “Indonesia Bagian Berbahaya dari Wonosalam”, satu judul yang segera mengingatkan kita pada tulisan Mbah Nun 40 tahun silam “Indonesia Bagian dari Desa Saya” yang hingga kini masih relevan terus untuk meneropong persoalan pembangunan Indonesia khususnya dalam relasi antara desa dan kota atau desa dan negara.
Indonesia Bagian Berbahaya Dari Wonosalam
BUYUT IRODAT, MBAH GEOL, JIJIT, DONI, IMAM
BUYUT IRODAT
Mbah Geol, nyuwun sewu ini saya mengantarkan putu-putu, Jijit, Imam dan Doni, mau nyuwun pangestu dan pamit ajeng ngamen.
MBAH GEOL
O yo Cung kene kene. Tak sangoni estuning atiku.
Ora sah sangu duit yo. Pantese malah Simbah sing kok tinggali arto.
Arep lungo ngamen ning ngendi tho Le?
BUYUT IRODAT
Dateng Mojo Kembang, Mbah
MBAH GEOL
Mojo Kembang. Ngendi kuwi?
BUYUT IRODAT
Jombang, Mbah. Jo Mojo, Kembang mBang…
MBAH GEOL
Ealah, kae Mojo Kembang to. Jare Gus Dur mbiyen Jombang kuwi Ijo Abang. Ono rakyat Indonesia sing uripe ijo-ijoooo semu-semu P3, PKS, PKB, PAN. Sijine meneh sing abang-abaaang, nganti raine koyo PNI, PDIP. Nanging nek gelem lan iso kompak, ajur-ajer, nyawiji, bersatu-padu – kuwi jenenge Jombang.
BUYUT IRODAT
Ada yang meriwayatkan Jombang itu asal-usulnya Mojo Kembang. Kan ini daerah pusat Keraton Mojopahit. Ono mojongapit. Mojokerto. Mojolegi. Mojokecut. Mojo asin. Mojowarno. Mojogedang, Mojosongo
MBAH GEOL
Aa yo wis mojo opo wae. Sing penting uripmu kabeh iki mojo dumeh….
DONI
Ngestoaken dawuh, Mbah Geol. Makanya ngamen kami ini Namanya Sinau Bareng.
JIJIT
Amargi menungso gesang ini kathah mboten ngertine tinimbang ngertine
IMAM
Langkung kathah bab-bab sing menungso mboten ngertos, dibanding bab-bab sing menungso ngertos.
BUYUT IRODAT
Bab-bab ten Bumi saja manusia banyak ndak tahu, apalagi soal-soal langit, kebanyakan manusia itu buta. Makanya Tuhan menganugerahkan rahmat dan informasi yang Namanya Agama. Supaya manusia kenal Allah, Malaikat, Arasy, Jin, Akherat, dll.
IMAM
Juga nasib, takdir, qadha dan qodar.
MBAH GEOL
Sik sik sik. Nang Mojokembang kuwi persise thole-thole arep ning deso ngendi?
IMAM DONI JIJIT
Wonosalam, Mbah.
MBAH GEOL
Oooo Wonosalamun thoyyibatun wa Robbun Ghofur.
IMAM DONI JIJIT
Lhoo kok plesetan, Mbah.
Niku ayat Quran, mosok diplesetke.
MBAH GEOL
Jadul kowe bocah-bocah enom iki. Dudu plesetan. Kuwi jenenge ndunungke, memaknai atau membumikan makna.
IMAM DONI JIJIT
Pripun genahe niku, Mbah?
Kok saya baru dengar sekarang.
MBAH GEOL
Unine ayate Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur.
Apa artinya? Apa terjemahannya? Pelan-pelan. Hati-hati. Jangan grusah-grusuh.
IMAM JIJIT DONI
Sendiko, Mbah.
MBAH GEOL
Ada Bilad, ada balad, ada Buldan, ada
Baldatun. Akar huruf bentukan kata-nya sama: Ba`, Lam, Dal.
Itu bukan Bahasa Arab.
IMAM JIJIT DONI
Lho kok bukan Bahasa Arab, Mbah?
Lak cetho sanes Honocoroko to, Mbah?
MBAH GEOL
Coba didunungke nang Buyutmu Irodat, ben do melek matamu lan kebuka sel-sel kawruhmu.
BUYUT IRODAT
Bilad, Balad, Buldan dan Baldan itu bukan sekedar Bahasa Arab. Dan meskipun Bahasa Arab digunakan menjadi Bahasa Al-Qu`an, tidak berarti keduanya sama persis. Sebab penciptanya berbeda. Kalau Bahasa Arab itu bikinan bangsa Arab, buatan manusia biasa. Kalau Al-Qur`an itu ciptaan Allah. Bahasa Al-Qur`an itu Bahasa Allah. Asal-usul maksud dan maknanya adalah Allah Swt.
MBAH GEOL
Dicethakke, Buyut Irodat. Bocah milenial telu iki ora tau sobo langgar, ora duwe pengalaman ngaji turutan…
BUYUT IRODAT
Kita mencoba memahami Bilad Balad Buldan Baldah itu dengan pelan-pelan, secara sehati-hati mungkin. Juga harus dilandasi tawadldlu’, rendah hati, andhap asor. Jangan sok jadi ahli tafsir. Kalau menafsirkan Bahasa Arab, agak lebih mudah. Kalau menafsirkan Bahasa Al-Qur`an, banyak kemungkinannya. Tapi kalau mencoba memahami Bahasa Allah perangkat yang diperlukannya harus lengkap. Jangkep. Utuh. Wungkul.
Tidak hanya ilmu dan pengetahuan bahasa. Bahkan tidak cukup dengan ilmu apapun. Tapi juga harus dengan landasan iman dan taqwa. Bahkan seluruh bangunan akhlak hidup kita ikut menentukan tepat tidaknya pemahaman kita terhadap kata-kata dan Bahasa Allah Swt.