CakNun.com

Gagal Paham, 11

Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

Mengeksploitasi bumi, memperbudak manusia — menyuntikkan pikiran dan alam bawah sadar manusia dengan produk-produknya kemudian melahirkan dan melanggengkan budaya konsumtif. Menciptakan dunia digital dengan kecerdasan artifisial, dunia baru yang menawarkan kemudahan dan kebahagiaan fatamorgana, terasa indah di pandangan mata.

Mereka menyentuh hati orang-orang yang merindukan akan kesederhanaan hidup, yang rela mengganti kehidupannya dengan dunia imajinasi dan penuh fantasi. Mereka menyasar setiap pribadi dengan segala bentuk ilusi.

Semua itu bohong, hanyalah bualan dan rayuan gombal untuk menarik perhatian dan akhirnya dapat menaklukkan pikiran dan hati manusia agar tergerak untuk ikut menyelam di dunia buatannya.

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Gagal Paham, 12

Gagal Paham, 12

Ibarat pria yang mencoba memikat hati perempuan pujaannya, ia akan mengerahkan segala upaya dan ...

Toto Rahardjo
Toto Rahardjo
Proses Imanensi

Proses Imanensi

Selain berfungsi sebagai penghubung antara spiritualitas dengan pergerakan alam semesta, akal juga efektif mentransfer pengetahuan mengenai entitas-entitas dalam wujudnya yang potensial ke dalam daya pikir.

Muhammad Nursamad Kamba
M.N. Kamba