CakNun.com

Gagal Paham, 10

Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

Sistem politik yang seranjang dengan culture militer dapat menciptakan senjata api, senjata pemusnah massal, melahirkan bencana sosial yang begitu besar dan rumit, membunuh banyak jiwa manusia. Satu wilayah kota mudah saja dileburkan rata dengan tanah hanya dalam hitungan menit bahkan detik sekalipun.

Kejamnya sistem politik dan militer menggunakan ilmu pengetahuan untuk memenuhi hasrat keserakahannya. Sistem politik yang katanya memiliki cita-cita mulia untuk kemaslahatan bersama sudah pasti hanya omong kosong dan bualan semata, karena sistem itu hanya mulia dan memuliakan orang-orang sekelompoknya saja.

Sistem politik adalah sistem yang irasional, abu-abu, dan tidak dapat ditebak. Belum lagi sistem ekonomi yang memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan jumlah produksi tanpa batas.

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Belum Aqil Baligh

Belum Aqil Baligh

Media-media ribut soal hak anak. Ada situasi yang membuat anak-anak kehilangan hak bermain, hak ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Mengingat Tuhan

Mengingat Tuhan

Mengapa harus mengingat Tuhan? Apa guna dan manfaatnya mengingat Tuhan?

Toh, kehidupan sudah terjalani ...

Muhammad Nursamad Kamba
M.N. Kamba