CakNun.com

Cermin Pencapaian Jasmani dan Pencapaian Rohani

Wahyu Sudrajad
Waktu baca ± 2 menit

Sugeng ambal warsa 69 tahun, Mbah Nun.

Enam puluh sembilan yang penuh makna, sebuah pencapaian jasmani dan rohani.

Jika kita balik angka 69 tetaplah sama menjadi 69 juga. Hal ini juga mirip dengan simbol Yin Yang.

Foto: Adin (Fok. Progress)

Usia 69 tahun bagi saya ini bukanlah sekadar angka dalam pencapaian Mbah Nun. Menilik rekam jejak beliau sampai saat ini, pantas rasanya jika menurut saya ini sebuah pencapaian jasmani (secara usia) dan rohani (secara manfaat) yang telah dicapai oleh beliau.

Mbah Nun bagai cerminan filosofi padi, yang semakin tua semakin berisi, semakin merunduk. Seperti yang sering beliau sampaikan pula,”semakin banyak ilmu semakin mengenal batas”. Dalam usia yang sudah menapak 69, beliau tak surut semangatnya untuk tetap menemani anak cucunya hingga larut malam.

Bahkan tak jarang dalam kondisi yang mungkin kurang fit, beliau masih tetap membersamai kita. Simbah benar-benar memanfaatkan jasmani yang diberikan Tuhan untuk kemaslahatan bersama tanpa pamrih.

Teringat salah satu yang beliau sampaikan, bahwa orang tua harus bisa seperti warangka keris, menjaga krangkani bagi anak cucunya. Di saat orang tua lain seusia Simbah menikmati masa tuanya, beliau justru menemani kita menampung setiap keluh kesah kita. Seperti tak pernah lelah hingga pada usianya yang ke-69 beliau masih berpikir untuk skala yang luas, bukan kepentingan individu.

Jika ada workshop untuk menuliskan pengalaman selama mengenal Mbah Nun, mungkin tak selesai dalam kurun waktu satu minggu. Karena keunikan beliau di mata setiap orang sangat berbeda. Proses setiap orang dalam mengenal beliau teramat banyak ragamnya untuk digambarkan.

Dalam setiap kali Sinau Bareng ribuan orang berkumpul menikmati gelombang Maiyah dengan prosesnya masing-masing, dan entah sudah berapa ribu titik selama ini yang beliau temani.

Semoga saja dari ribuan bahkan jutaan orang yang pernah merasakan dan mengalami manfaat dari simbah berkenan mendoakan kebaikan serta keberkahan bagi Simbah, dalam momen 69 tahun beliau.

Semoga Simbah senantiasa dijaga oleh Tuhan,dan para malaikat-Nya, diberikan umur panjang dalam kebermanfaatan.

Semoga apa yang beliau kerjakan selama ini berbuah kebaikan dan pahala bagi beliau.

Amin, amin, insyaAllah.

Lainnya