CakNun.com

Makan Minum Tidak Berlebihan

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Di dalam surat Al-A’raf ayat 31, Allah mengatakan, “Kalau kamu datang ke masjid, pakailah pakaian-pakaian yang terbaik, dan makanlah minumlah, tapi jangan berlebihan. Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” Ini pedoman yang sifatnya umum sekali. Makan, minum, tidak berlebihan.

Nabi Muhammad Saw memberikan petunjuk yang lebih operasional. Beliau bersabda, “Tidaklah anak Adam mengisi bejana lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap untuk menegakkan punggungnya. Jika tidak bisa, maka sepertiga (kapasitas perutnya) untuk menekannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk napasnya” (HR Tirmidzi).

Dalam hal ini, saya kira para dokter dan ahli gizi yang bisa menjelaskan lebih detail dan rinci tentang bagaimana ukuran-ukuran tidak berlebihan dalam makan dan minum. Tapi, secara umum kita sudah tahu bahwa berlebihan dalam makanan, apalagi makanan-makanan tertentu itu bisa menyebabkan penyakit-penyakit tertentu pula.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya