CakNun.com

Deklarasi Kesatuan dan Persamaan Manusia

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Peradaban Islam berwatak humanistis (kemanusiaan), dan misinya bercakrawala universal. Al-Qur’an telah mendeklarasikan kesatuan dan persamaan manusia meskipun keanekaragaman etniknya, kebangsaannya, dan tempat tinggalnya. Firman Allah di surat Al-Hujurat 13:

يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَا رَفُوْا ۗ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَ تْقٰٮكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari jenis laki-laki dan perempuan dan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

Deklarasi tentang kesatuan dan persamaan manusia ini telah membuka peluang kepada semua orang berbakat dari semua bangsa untuk mengambil peran di dalam peradaban Islam. Sejarah mencatat bahwa para genius yang berperan serta dalam membangun peradaban Arab dan Islam pada masa keemasannya berasal dari berbagai bangsa. Tokoh-tokoh besar semisal Al-Khalil bin Ahmad, Sibawaih, Al-Kindi, Al-Ghazali, Al-Farabi, Ibnu Rusyd, Abu Hanifah, Malik, Asy-Syafi’i, Ahmad bin Hanbal, Al-Bukhari dan lainnya, bukan hanya berkebangsaan Arab, tapi ada yang berdarah Persi, Romawi, Andalusia, Asia Tengah, dan lain sebagainya.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

“Azwaj”

Azwaj

Kalau Maiyahan, sejak awalnya dulu hingga kini, tidak ada pemisahan tempat dan posisi antara ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Ketinggian Allah

Ketinggian Allah

Al-‘aliyyu, al-a’laa, dan Al-Muta’al berasal dari akar kata yang sama, yaitu ‘alaa-ya’luu, ...

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
A. Fuad Effendy