CakNun.com

Syirik Kecil

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Istilah syirik kecil ini berasal dari sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Al-Baihaqy. Sabda beliau, “Yang paling aku khawatirkan dari kalian adalah syirik kecil.” Para Sahabat bertanya apa itu syirik kecil. Beliau bersabda, “Riya’ (pamer kebaikan kepada manusia)”. Pada hari kiamat, ketika semua orang diberi ganjaran atas amal mereka, Allah berfirman (kepada orang-orang yang riya’), “Pergilah kalian kepada orang-orang yang dahulu kalian pameri kebaikan, apakah mereka menyediakan ganjaran bagi kalian?

Riya’ ini bermacam-macam. Ada yang dalam bentuk perbuatan seperti memanjangkan shalat (berdiri, ruku’, sujud) dan menunjuk-nunjukkan kekhusyukan. Ada yang dalam bentuk tampilan, seperti pakaian yang mengesankan kealiman atau menghitam-hitamkan bekas sujud di dahi. Ada yang dalam bentuk perkataan dengan memfasih-fasihkan lidah, berlebihan dalam memberikan nasihat, atau pamer hapalan dan keluasan ilmu.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Belum Aqil Baligh

Belum Aqil Baligh

Media-media ribut soal hak anak. Ada situasi yang membuat anak-anak kehilangan hak bermain, hak ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Sepuluh dari Sepuluh

Sepuluh dari Sepuluh

Maiyah adalah hadiah dari Allah, bukan karya kita. Semua kekurangan Maiyah berasal dariku.

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib