CakNun.com

Remaja dan Perubahan Diri

Majelis Alternatif Jepara
Waktu baca ± 1 menit

Sinau bareng kali ini masih melanjutkan seri perubahan diri. Setelah usia anak dengan segala bentuk keceriaan. Kini saatnya menginjak usia remaja. Usia yang kata orang merupakan masa-masa indah.

Sebagaimana kita ketahui bahwa usia remaja adalah usia peralihan dari usia anak menuju usia dewasa. Persiapan saat remaja ini begitu penting. Mengingat pemuda adalah tumpuan orang tua dan bangsa.
Lika liku kehidupan remaja tentu berbeda disetiap generasi. Remajanya generasi 80 an tentu berbeda dengan generasi 90-an dan 2000-an. Perbedaan itu sejatinya sudah sering diungkapkan para pendidik. Ajarilah anakmu dengan sungguh sungguh karena kelak akan berbeda zaman dengan orang tuanya. Begitulah orang orang tua dulu menasihati.

Persiapan demi persiapan tentang pendidikan terbaik sudah barang tentu disiapkan orang tua mulai anak sampai remaja. Sekolah sekolah terbaik menjadi incaran. Fasilitas terbaik diberikan. Tapi apa daya, tidak semua orang tua bisa berikan.

Kalaupun toh sudah ada usaha untuk memberikan yang terbaik kepada anak, belum tentu juga menjamin masa depan anak tersebut.

Orang tua pasti sudah berfikir dan evaluasi diri. Karena sadar atau tidak sadar kesuksesan orang tua saat ini ditentukan saat remajanya. Semakin faham bahwa masa remaja adalah masa krusial, maka masa transisi untuk menjadi pemuda dewasa dan matang akan mudah terwujud.

Lainnya

Mosok Dijajah Terus Ker?

Mosok Dijajah Terus Ker?

21 April 2015, dinginnya kota Malang tak mengurungkan niat dulur-dulur Maiyah Rebo legi untuk tetap berkumpul di beranda masjid An-Nur Politeknik Negeri Malang.

Nafisatul Wakhidah
Nafisatul W.
Setelah Dua Tahun Men(y)epi karena Pandemi

Setelah Dua Tahun Men(y)epi karena Pandemi

Mengawali tulisan ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada teman-teman penggiat Simpul Maiyah, karena telah mampu melewati masa-masa sulit dalam dua tahun terakhir ini.

Fahmi Agustian
Fahmi Agustian