CakNun.com

Puncak Piramida

Emha Ainun Nadjib
Waktu baca ± 1 menit

Salah satu faktor yang menyebabkan kurang gencarnya rasionalisme Islami ialah kurang terbukanya ruang bagi jamaah Kaum Muslimin untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran keislamannya. Mereka terkurung oleh suatu kondisi kultural-psikologis dalam struktur ‘organisasi’ kaum muslimin yang antara lain cenderung selalu memapankan kebakuan-kebakuan formalisme agama.

Latar belakangnya ganda: pertama, pikiran-pikiran bebas dalam kehidupan beragama terlalu ditakutkan akan membuahkan ‘penyelewengan’; penyelewengan itu bisa memungkinkan konflik yang ‘mubadzir’, juga bisa mengancam kemapanan struktural tertentu dalam ‘organisasi keagamaan’ yang untuk Indonesia biasanya sangat terkait dengan struktur-struktur kehidupan bernegara; pemimpin-pemimpin kaum Muslimin kurang percaya kepada jamaah; ada situasi umum di mana jamaah dibiarkan tak berkembang dewasa, ada semacam stabilitas-minded yang dipelihara dengan cara menjaga jamaah untuk tak berkembang secara mandiri.

Kedua, salah satu model sinkretisme kehidupan Islam dengan watak-watak kultural masyarakat kita ialah ‘bagan organisasional’ komunitas Muslimin yang lebih teraksentuasi ke puncak piramida dibanding ke kebersamaan suatu jamaah.

Lainnya

Keluarga Almutahabbina Fillah

Keluarga Almutahabbina Fillah

Ada orang yang memeluk Agama bukan Islam tetapi hidupnya penuh perilaku positif, tutur katanya ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
“Azwaj”

Azwaj

Kalau Maiyahan, sejak awalnya dulu hingga kini, tidak ada pemisahan tempat dan posisi antara ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib