CakNun.com

Meneliti Ayat Alam Semesta dan Ayat Diri Manusia

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Sering terdengar pernyataan di lingkungan umat Islam bahwa Al-Qur’an adalah sumber segala ilmu. Pernyataan ini memang benar. Akan tetapi, anggapan bahwa untuk menguasai ilmu pengetahuan cukuplah dengan membaca Al-Qur’an saja adalah anggapan yang keliru. Al-Qur’an memang memberikan petunjuk tentang tujuan hidup manusia, tentang hubungannya dengan Tuhan Al-Khaliq, dengan sesama manusia, dan dengan alam lingkungannya.

Al-Qur’an juga menyebutkan tentang kejadian alam semesta dan berbagai proses alamiah lainnya. Tapi, Al-Qur’an bukan kitab pelajaran fisika atau biologi, bahkan bukan pula buku pelajaran salat atau fiqh. Al-Qur’an dalam banyak hal hanyalah memberikan petunjuk yang bersifat umum atau garis besar, sedangkan rinciannya harus dicari di dalam As-Sunnah sepanjang itu mengenai ibadah, atau diteliti di alam semesta dan dalam diri manusia sepanjang itu menyangkut ilmu pengetahuan.

Dengan kata lain, untuk dapat memahami berbagai perspektif dari ayat-ayat Allah Swt dalam Al-Qur’an harus pula dipahami ayat-ayat Allah Swt di alam semesta dan ayat-ayat Allah di dalam diri manusia sendiri.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Susunan Ayat Al-Qur’an

Susunan Ayat Al-Qur’an

Susunan ayat dan penempatannya di dalam surat-surat Al-Qur’an tidak didasarkan atas urutan waktu turunnya, ...

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
A. Fuad Effendy