CakNun.com

Manusia Terhadap Ketidakadilan

Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

Ada banyak ketidakadilan dan penindasan yang terjadi setiap saat di sekitar kita. Banyak orang cuma duduk saja dan menyaksikan semua ketidakadilan serta penindasan itu berlangsung.

Beberapa orang mungkin terusik dan mengatakan ketidaksetujuannya terhadap semua keadaan itu, tetapi akhirnya tidak melakukan tindakan apapun karena takut akan apa yang mungkin menimpa diri dan keluarganya.

Ada juga yang mungkin cukup berani bertindak, tetapi membatasi diri dalam beberapa hal saja atau, paling tidak, melakukan sesuatu yang tidak semakin memperparah keadaan.

Selebihnya adalah sebagian kecil saja orang yang memang bertindak dan melibatkan diri sepenuhnya dalam berbagai kegiatan yang langsung menentang dan bertujuan menghapuskan semua ketidakadilan dan penindasan tersebut. Mereka inilah yang memang dalam hidupnya memiliki nilai-nilai yang diyakininya dan selalu diperjuangkannya.

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Belum Aqil Baligh

Belum Aqil Baligh

Media-media ribut soal hak anak. Ada situasi yang membuat anak-anak kehilangan hak bermain, hak ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
New Normal Itu Bahasa Kekuasaan

New Normal Itu Bahasa Kekuasaan

New Normal” adalah kategori kata ajektif yang dewasa ini diperlakukan sebagai norma yang dipaksakan.

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib