CakNun.com

Kondisi Mendesak

Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

Badan Kesehatan Dunia atau WHO masih belum bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Melihat kasus di Indonesia, pandemi bisa berlangsung sampai dua tahun. Yang paling memungkinkan dilakukan untuk menekan pertambahan jumlah yang terjangkit adalah dengan pemeriksaan massal. Terlebih lagi kondisi pangan saat ini sudah mulai pelik. Di satu daerah surplus, sedangkan di daerah lain minus. Bahan pokok sudah mulai menjadi rebutan.

Harus segera mulai menanam tanaman obat dan bumbu-bumbu masakan rumah tangga. Jika ada inovasi atau penemuan ramuan untuk menangani Covid-19 jangan langsung dilabeli sebagai obat. Cukup disebut sebagai suplemen. Asupan vitamin. Kedaulatan pangan di meja kita masing-masing harus menjadi hal utama saat ini.

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Belum Aqil Baligh

Belum Aqil Baligh

Media-media ribut soal hak anak. Ada situasi yang membuat anak-anak kehilangan hak bermain, hak ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Plastik

Plastik

Plastik di muka bumi ini diawali oleh Alexander Parkes yang pertama kali memperkenalkan plastik pada sebuah eksibisi internasional di London, Inggris pada tahun 1862.

Toto Rahardjo
Toto Rahardjo
Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib

Pauwan

Pauwan