CakNun.com

Kecukupan Harta Muhammad Saw

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Muhammad Saw memang dilahirkan sebagai anak yatim yang tidak memperoleh warisan harta dari orangtuanya. Tapi Allah menghadirkan pengasuh-pengasuh yang memberikan kasih sayang kepadanya, yaitu kakeknya Abdul Muthalib dan pamannya Abu Thalib. Kemudian Allah memberinya kecukupan harta dari keberhasilannya dalam melakukan perdagangan, di dalam kota Mekah dan di luarnya sampai ke daerah Syam dan Yaman.

Juga tidak benar apa yang tertulis dalam Ensiclopedia Britanica yang menggambarkan Muhammad sebagai pemilik toko kecil di kota Mekah.

Sejarah justru mencatat bahwa Muhammad memiliki gudang tempat penyimpanan stok barang sebelum dilakukan transaksi dengan para pedagang.

Secara historis tidak ada bukti yang menyatakan bahwa Muhammad fakir atau miskin. Hal ini diperkuat dengan ungkapan Khadijah ketika memberikan penguatan moral kepada Muhammad pada saat menerima wahyu pertama. Dikatakannya, “Demi Allah, Tuhan tidak akan pernah mengecewakanmu. Engkau suka menolong kaum lemah dan kaum papa, memberi orang yang tak punya, dan selalu membantu orang yang tertimpa bencana”.

Kalau Muhammad Saw fakir-miskin dan hanya mengandalkan harta istrinya, pasti tidak akan keluar ungkapan seperti itu dari Khadijah.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Kemandirian Ekonomi Muhammad Saw

Kemandirian Ekonomi Muhammad Saw

Pada usia 12 tahun, Muhammad telah diajak oleh pamannya Abu Thalib melakukan perjalanan dagang ...

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
A. Fuad Effendy
Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib

Pauwan

Pauwan
Jangan Bawa Khilafah

Jangan Bawa Khilafah

Terang benderang
Blakasuta firmanNya
Inni Ja’ilun fil ardli khalifah
Maka jangan bawa khilafah ke sini
Ini bukan negeri abadi
Melainkan sejenak saja

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib