CakNun.com

Islam Terpadu

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Islam bukanlah agama yang membagi-bagi ajarannya dalam kotak-kotak yang terpisah satu sama lain seperti kotak akidah, kotak syariah, kotak akhlak, kotak ibadah yang bersifat individual, kotak muamalah yang bersifat sosial. Islam tidak melihat seorang muslim yang mengambil kotak ibadah disebut saleh individual, dan yang mengambil kotak muamalah disebut saleh sosial.

Ajaran Islam merupakan satu kesatuan, satu sistem yang terpadu, tidak terpisah-pisah. Maka seorang muslim yang rajin beribadah tapi bersikap anti sosial, tidak dapat disebut sebagai muslim yang saleh hatta saleh individual sekalipun, karena muslim ‘abid yang demikian ini justru dikecam oleh Allah dengan wailun dan dikatagorikan sebagai pendusta agama.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Agama Berorientasi Perilaku

Agama Berorientasi Perilaku

Sesekali, kita perlu keluar dari arus utama atau mainstream, agar dapat menangkap esensi ...

Muhammad Nursamad Kamba
M.N. Kamba
Firman Tersembunyi

Firman Tersembunyi

Di dalam khazanah Allah Swt yang dituturkan melalui wacana ajaran Islam, banyak idiom atau istilah yang selalu dinamis menggapai level di atasnya.

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
A. Fuad Effendy

Adab

Adab