CakNun.com

Al-Qur’an dan Juru Masak Islam

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Al-Qur’an itu sebenarnya adalah rahmat Allah yang sangat besar untuk kita ummat Islam. Padahal kalau kita baca surat Ar-Rahman, kita akan menemukan bahwa Al-Qur’an itu sudah “diciptakan” sebelum Allah menciptakan manusia.

Coba kita baca surah Ar-Rahman: Arrahmaan ‘allamal quran khalaqal insan ‘allamahul bayaan. Jadi Arrahman, Allah yang Maha Pengasih. Kemudian, ‘allamal quran. Langsung Allah menyatakan mengajarkan Al-Qur’an, baru setelah itu khalaqal insan. Allah menciptakan manusia. Wa ‘allamahul bayan, dan Allah mengajarkan kepada manusia al-bayan.

Al-bayan itu kemampuan untuk menerima pelajaran, kemampuan untuk memahami, kemampuan untuk menerangkan, kemampuan untuk mengajarkan. Jadi, Al-Qur’an itu sudah “diciptakan” sebelum Allah menciptakan manusia. Oleh karena itu, sebenarnya Al-Qur’an itu seharusnya memperoleh perhatian besar dari umat Islam.

Tapi kita tahu bahwa sebagian besar kita lebih banyak mempelajari agama itu bukan dari sumbernya, tapi sudah olahan para ulama kita. Padahal, ulama itu bermacam-macam. Sehingga ada ungkapan ibaratnya Al-Qur’an itu bahan mentah, kemudian dijualnya di warung-warung, dan itu setelah melalui proses dimasak oleh juru masak.

Nah, kita memahami Islam itu dari masakan orang lain. Oleh karena itu, kalau sekarang kita mempelajari Al-Qur’an itu karena sedikit banyak kita ingin tahu sebetulnya proses memasaknya itu bagaimana. Supaya kita tidak sekadar pergi ke warung kemudian memilih makanan yang kita suka atau warung itu sendiri punya ciri khas sesuai dengan kecenderungan juru masaknya. Ada yang suka pedas, ada yang tidak.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Susunan Ayat Al-Qur’an

Susunan Ayat Al-Qur’an

Susunan ayat dan penempatannya di dalam surat-surat Al-Qur’an tidak didasarkan atas urutan waktu turunnya, ...

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
A. Fuad Effendy
Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib

Pauwan

Pauwan