CakNun.com

Utang Itu Utang

Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

Dulu di kampung saya ada kesepakatan tidak tertulis bahwa untuk memahami keluarga yang bahagia jika keluarga tersebut tidak memiliki utang—datanglah Program BIMAS (Bimbingan Massal) sebuah program modernisasi Pertanian Pemerintah Orde Baru yang didalamnya terkait dengan urusan kredit dengan bank. Entah bagaimana proses dan mekanismenya ada banyak petani yang tidak menyadari bahwa sesungguhnya mereka memiliki utang di bank, yang jelas mulai saat itu petani di desa saya berhubungan dengan institusi bank.

Dalam kehidupan ekonomi modern, prinsip kebahagiaan di kampung saya saat itu dianggap ketinggalan. Sebaliknya barang siapa yang ingin menguasai permodalan maka harus punya utang (kredit) di bank sebanyak-banyaknya, bahkan negara pun harus utang ke Bank Lintah Darat Internasional.

Kini petani di kampung saya tetap saja tidak berubah keadaannya betapapun sudah berurusan dengan bank. Manusia Apa Yang Kau Cari?

KiaiTohar

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Belum Aqil Baligh

Belum Aqil Baligh

Media-media ribut soal hak anak. Ada situasi yang membuat anak-anak kehilangan hak bermain, hak ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib

Pauwan

Pauwan
Kebahagiaan Sejati

Kebahagiaan Sejati

Panduan manusia di bumi salah satunya adalah bahagia. Sesuatu yang membahagiakan membuat seseorang akan mengulangi sesuatu itu.

Sabrang Mowo Damar Panuluh
Sabrang MDP