CakNun.com

Renaisans 1

Toto Rahardjo
Waktu baca ± 1 menit

Kelahiran kembali, merupakan periode peradaban Eropa setelah Abad Pertengahan. Secara konvensional dicirikan meningkatnya minat terhadap studi dan nilai-nilai Klasik. Renaisans juga menjadi saksi penemuan dan eksplorasi benua-benua baru, pudarnya sistem feodal dan tumbuhnya perdagangan, penemuan maupun aplikasi inovasi yang sangat berpengaruh seperti kertas, mesin cetak, kompas, dan bubuk mesiu.

Bagi para pembelajar dan pemikir saat itu, masa tersebut adalah masa kebangkitan kembali pembelajaran Klasik, maka renaisans lebih dikenal dengan zaman “pencerahan”—apakah benar demikian, atau sebaliknya?

Kiai ToHar

Toto Rahardjo
Pendiri Komunitas KiaiKanjeng, Pendiri Akademi Kebudayaan Yogyakarta. Bersama Ibu Wahya, istrinya, mendirikan dan sekaligus mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta
Bagikan:

Lainnya

Renaisans 2

Renaisans 2

Seni, arsitektur, musik, sastra, dan lukisan Renaisans yang diproduksi selama abad 14, 15, 16 di Eropa berada di bawah kombinasi pengaruh antara meningkatnya kesadaran akan lingkungan, kebangkitan pembelajaran klasik, serta perkembangan pandangan manusia yang lebih individualis.

Toto Rahardjo
Toto Rahardjo
Ilmu Fana

Ilmu Fana

Kalau di larut malam Anda keluar rumah memandang langit yang gelap atau remang. Meluas ...

Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib