CakNun.com

Ayat Allah di Alam Semesta dan Diri Manusia

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Sering terdengar pernyataan di lingkungan umat Islam bahwa Al-Qur`an adalah sumber segala ilmu. Pernyataan ini memang benar. Akan tetapi anggapan bahwa untuk menguasai ilmu pengetahuan cukuplah dengan membaca Al-Qur`an saja adalah anggapan yang keliru.

Al-Qur`an memang memberikan petunjuk tentang tujuan hidup manusia, hubungannya dengan Tuhan Al-Khaliq, dengan sesama manusia, dan dengan alam lingkungan. Al-Qur`an juga menyebutkan tentang kejadian alam semesta dan berbagai proses alamiah lainnya. Tapi Al-Qur`an bukan kitab pelajaran fisika dan biologi, bahkan bukan pula buku pelajaran shalat atau fiqih.

Al-Qur`an dalam banyak hal hanyalah memberikan petunjuk bersifat umum atau garis besar, sedangkan rinciannya harus dicari dalam As-Sunnah sepanjang itu mengenai ibadah, atau diteliti di alam semesta dan dalam diri manusia sepanjang menyangkut ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, untuk dapat memahami berbagai perspektif dari ayat-ayat-Nya dalam Al-Qur`an, harus pula dipahami ayat-ayat Allah Swt di alam semesta dan dalam diri manusia sendiri.

Ahmad Fuad Effendi

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya