CakNun.com

Asbâbun Nuzûl

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Waktu baca ± 1 menit

Asbâbun Nuzûl adalah konteks atau latar belakang turunnya sebuah ayat, sekelompok ayat, atau sebuah surat. Latar belakang ini bisa berupa sebuah kejadian, atau adanya pertanyaan yang diajukan kepada Nabi baik menyangkut hukum syar’i, pemahaman tentang suatu masalah keagamaan, maupun mengenai kusah masa lalu.

Namun tidak semua ayat mempunyai Asbâbun Nuzûl. Banyak ayat yang turun tanpa dilatarbelakangi oleh suatu kejadian atau sebuah pertanyaan. Ada ayat yang turun untuk mendeskripsikan adegan-adegan hari kiamat, atau menggambarkan dialog di antara para nabi, agar manusia dan orang-orang beriman bisa mengambil i’tibâr atau pelajaran dari kisah-kisah tersebut. Ada ayat yang turun untuk memberikan tuntunan hidup, menetapkan hukum-hukum, menjelaskan halal-haram, menggambarkan fenomena alam semesta agar manusia berpikir tentang keagungan Allah Sang Pencipta.

Ahmad Fuad Effendi

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
Marja' Maiyah. Penulis buku, Pengajar Bahasa Arab, dan Pengurus IMLA. Anggota Dewan Pembina King Abdullah bin Abdul Aziz International Center Saudi Arabia.
Bagikan:

Lainnya

Pengertian Asbabun Nuzul

Pengertian Asbabun Nuzul

Yang dimaksud dengan asbabun nuzul adalah konteks atau latar belakang turunnya sebuah ayat, sekelompok ...

Drs. Ahmad Fuad Effendy, MA
A. Fuad Effendy