CakNun.com

Niat Baik Pasti Ditolong Allah

Redaksi
Banyak anak banyak rezeki. Jangan ditolak prinsip dan keyakinan ini. Niat baik pasti akan ditolong oleh Allah.
Klik gambar untuk memperbesar.

Tanpa bermaksud menghidupkan ungkapan orang Jawa yang selama pembangunan Orde Baru diam atau terang di-counter oleh gerakan Keluarga Berencana, semalam di Sinau Bareng HUT Kota Semarang ke-470 Mbah Nun sempat teringat kalimat populer yang sudah lama tak terdengar: Banyak anak banyak rezeki.

“Banyak anak banyak rezeki. Jangan ditolak prinsip atau keyakinan ini. Niat baik pasti akan ditolong oleh Allah,” ujar Mbah Nun mengingatkan tentang keyakinan masyarakat mengenai anak dan rezeki. Masyarakat diajak melihat dari sisi lain.

Ini bermula dari kelakar Mbah Nun mengenai hubungan suami-istri, tapi kemudian di situ menegaskan pentingnya nilai persuami-istrian. Mbah Nun mengingatkan, jangankan suami-istri, keluargalah yang membuat Allah tidak segera menurunkan adzab-Nya. Seperti telah kerap Mbah Nun sampaikan, masyarakat diajak menyadari bahwa di Indonesia nilai-nilai keluarga masih sangat dijunjung tinggi. Keluarga di Indonesia benar-benar masih dijaga, diuri-uri.

Mbah Nun mengajak jamaah atau masyarakat untuk empati dengan melihat jika seseorang punya anak banyak dan itu disertai dengan keyakinan akan rezeki dari Allah, itu juga sebuah nilai di dalam keluarga di sisi nilai-nilai lain mengenai keluarga.

Foto: Adin (Dok. Progress)
Lokasi: Balaikota Semarang - 25 April 2017

Lainnya

Exit mobile version