CakNun.com

JM Milenial

Muhammad Athar Fuadi
Waktu baca ± 3 menit

Seiring perkembangan teknologi informasi, Maiyahan bisa dinikmati melalui media sosial. Live streaming atau tayangan ulang. Di salah satu stasiun TV pun juga ada yang menayangkan ulang pengajian Cak Nun dan KiaiKanjeng. Kemudahan akses informasi tersebut memudahkan bagi masyarakat yang tidak bisa hadir ke lokasi pengajian dan bertatap muka langsung dengan Cak Nun dan KiaiKanjeng. Sebenarnya, jamaah yang hadir ke lokasi pengajian belum tentu dapat melihat langsung panggung pengajian dan pembicaranya karena jamaah yang sangat banyak serta tempat yang tidak mencukupi.

Atas dasar langsung dan tidak langsung Jamaah Maiyah dalam mengikuti pengajian, serta penggunaan media sosial agar dapat menampung aliran air dari Mata Air Maiyah, kok rasa-rasanya saya ingin membahas mengenai Maiyah millennial. Jamaah Maiyah yang gandrung akan penggunaan teknologi informasi dengan segala bentuk kreativitasnya dan lahir di era IT.

Di dalam buku Maiyah di dalam Al-Qur`an, karya Ahmad Fuad Effendy atau akrab disapa Cak Fuad, dijelaskan bahwa Maiyah adalah kebersamaan dua pihak dalam ruang, waktu, atau keadaan tertentu. Maiyah juga berarti kebersamaan yang menyiratkan makna penjagaan, perlindungan, pertolongan, dan pengawasan. Maiyah juga identik dari pengajian Cak Nun dan KiaiKanjeng. Jamaahnya biasa disebut JM (Jamaah Maiyah). Tetapi, terlepas dari identitas itu, faktanya forum-forum Maiyahan dapat merangkul dan menerima dengan penuh rasa cinta semua kalangan, baik dari kalangan pejabat, mahasiswa, masyarakat di desa-desa, serta banyak dari kalangan pemuda atau generasi millenial yang ikut dalam forum Maiyahan.

Jika diamati, pengajian rutin Maiyah yang sudah dilaksanakan di beberapa daerah lebih banyak dihadiri oleh generasi pemuda dibanding dengan pengajian yang dikonsep dalam bentuk Sinau Bareng, atau Tadabbur bersama Cak Nun dan KiaiKanjeng. Namun, tidak menghilangkan rasa kebersamaan yang menjadi ruh dalam setiap pengajian.

Kecanggihan tekhnologi informasi membuat ruang menjadi semakin luas, walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung dan menikmati suasana di saat pengajian berlangsung. Air dari Mata Air Maiyah dapat mengalir ke manapun, dan dalam waktu yang cepat berkat media sosial dan akses internet. Selain itu, di forum Maiyahan tidak hanya membahas persoalan agama seperti pengajian pada umumnya, tetapi lebih menitikberatkan pada kesadaran berpikir dan ikhlas dalam menghadapi pelbagai problem kehidupan yang meliputi, sosial, ekonomi, politik, hukum, bahkan permasalahan pribadi yang dialami oleh jamaah bisa untuk dikaji dan ditadabburi bersama. Sehingga, generasi milenial yang sedang haus akan pengetahuan dan membutuhkan charge ilmu agama berbondong-bondong hadir dalam forum Maiyah. Bahkan, banyak yang menjadi JM yang militan atas hidayah dari Allah, dan mempunyai karakter serta cara pandang tersendiri.

JM terdiri dari berbagai generasi. Dari generasi Baby Boomer, seperti Cak Nun dan beberapa personel KiaiKanjeng, sampai genrasi Z. Generasi milenial yang lahir tahun 1981-2000 sepertinya menjadi generasi yang sangat potensial dan mayoritas di tubuh JM. Kecanduan akan media sosial dan gadget lebih dialami oleh generasi milenial daripada generasi sebelumnya. Tidak heran jika di dunia maya sudah banyak air-air maiyah bertebaran di mana-mana, bahkan sampai ke media komunikasi seperti Whatsapp.

Peran JM milenial sangat penting di ruang tersebut karena zaman memang sudah beralih ke era informasi. Seringkali saya melihat hastag Kenduri Cinta di Twitter masuk dalam trending topic. Itu adalah salah satu bukti bahwa JM sudah mempunyai orientasi dan kesadaran untuk mensyukuri anugrah dari Allah berupa gadget dan koneksi internet. Banyak juga grup-grup di Facebook yang dibuat dan beranggotakan JM untuk kebermanfaatan bersama, grup jual-beli misalnya. Selain itu, setiap daerah kebanyakan sudah mempunyai grup-grup Maiyah di Whatsapp karena cenderung mudah digunakan dan efektif.

Generasi milenial adalah aset berharga untuk menentukan masa depan bangsa. Mengingat perkiraan akan terjadinya bonus demografi di rentang tahun 2020-2030. Menurut data dari Badan Pusat Statistik di tahun 2013, jumlah generasi milenial di tahun 2015 diperkirakan mencapai 33 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Di tahun 2020, diperkirakan jumlah penduduk usia produktif mencapai 67,7 persen dari total penduduk di Indonesia. Dari total penduduk usia produktif, 46 persen merupakan generasi millennial, 41 persen generasi X dan 12 persen generasi Z. Potensi tersebut bukan berarti di masa depan akan berdampak baik. Bisa saja berdampak buruk jika tidak ada persiapan yang dilakukan oleh generasi milenial dan kebijakan dari pemerintah.

JM milenial mempunyai pengaruh besar terhadap generasi milenial pada umumnya. Walaupun saya belum menemukan penelitian soal prosentase jumlah JM miennial dan analisa pengaruhnya. Saya pikir setiap pengajian yang dihadiri oleh ribuan jamaah yang didominasi generasi milenial adalah bukti bahwa JM milenial adalah tonggak perubahan masa depan bangsa yang lebih baik. Generasi yang sudah biasa survive serta mempunyai jiwa solidaritas tinggi. Sehingga akan merasakan sebuah keadaan yang sama di mana dunia sudah memandang sebelah mata akan potensi-potensinya.

Lainnya

Bertahalli dalam Mulat Saliro

Bertahalli dalam Mulat Saliro

Allah, Allah. Allah, Allah.
Maalanaa maulan siwallah.
Kullama naadaita yaa Huu,
Qolayaa ‘abdi anallah.

Maneges Qudroh
Maneges Qudroh