Catatan Tadabburan Sinau Syukur, Desa Kaliurang 5 November 2016

Masyarakat Desa Kaliurang Sinau Syukur

Bersama masyarakat desa dan sekitarnya, PT. SKS menggelar Tadabburan dengan tema Sinau Syukur dengan menghadirkan Cak Nun KiaiKanjeng.

Desa Kaliurang yang terletak di Kecamatan Srumbung Magelang merupakan wilayah sisi Barat Gunung Merapi. Di tepi-tepi jalan terjumpai kebun-kebun salak Pondoh yang cukup banyak. Balai Desa Kaliurang tempat berlangsungnya Tadabburan malam ini juga dihiasi dengan pemandangan kebun salak.

Foto: Adin.
Foto: Adin.

Sebagai bagian dari daerah yang dilewati aliran sungai dari gunung Merapi, kawasan ini juga merupakan daerah dengan tersedianya sumber daya alam berupa pasir. Acara malam ini diselenggarakan oleh PT. Surya Karya Setiabudi yang bergerak di bidang penambangan pasir. Bersama masyarakat desa dan sekitarnya, PT. SKS menggelar Tadabburan dengan tema Sinau Syukur dengan menghadirkan Cak Nun dan KiaiKanjeng.

Warga masyarakat mulai berdatangan sejak usai shalat Isya. Sebelum itu sebagian remaja-remaja sudah datang duluan. Penempatan audiens pun terbagi ke dalam beberapa tempat. Lokasi utama adalah pelataran Balai Desa dan jalan di depannya. Kemudian gedung balai desa sendiri yang ada di belakang panggung juga disiapkan, tentu dilengkapi layar besar. Satu lagi di halaman kantor sekitar dua puluh meter di sisi kanan panggung. Di teras ruang-ruang di depan kanan panggung juga duduk para jamaah. Semuanya, malam ini duduk bersama, mengikuti Tadabburan bersama Cak Nun dan KiaiKanjeng.

Foto: Adin.
Foto: Adin.

Sementara itu, sebelum acara dimulai Cak Nun berbincang-bincang dengan panitia, Kepala Desa, dan sejumlah tokoh masyarakat. MC dan sambutan-sambutan disampaikan dalam bahasa Jawa yang halus dan ungkapan-ungkapan berbahasa Arab yang fasih. MC memanggil Cak Nun dengan panggilan Romo Kiai Haji Muhammad Ainun Nadjib. Saat Beliau naik ke panggung, terlihat wajah-wajah jamaah begitu senang dan bahagia. Ada yang bertepuk tangan, dan ada yang meneriakkan shalawat Nabi. Masyarakat Desa ini mendapat kehormatan, Cak Nun dan KiaiKanjeng berkenan hadir di sini. Dan untuk kesekian kalinya, Tadabburan ini menambah daftar panjang lebih diprioritaskannya masyarakat Desa untuk dihadiri oleh Cak Nun dan KiaiKanjeng. (hm/adn)