Catatan Sinau Bareng Jogja Gumregah, Yogyakarta 4 Oktober 2016

Jogja Gumregah Bersama Cak Nun dan KiaiKanjeng

Malam ini, Cak Nun KiaiKanjeng hadir di Kampung Warungboto Yogyakarta, di depan kompleks cagar budaya Situs Warungboto, dalam acara Jogja Gumregah.

Malam ini, Cak Nun dan KiaiKanjeng akan hadir di Kampung Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, tepatnya di depan kompleks cagar budaya Situs Warungboto, dalam acara Festival Jogja Gumregah. Festival ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dan bertujuan membangkitkan upaya-upaya melestarikan warisan budaya dan sejarah yang ada di Yogyakarta. Situs (Tuk) Umbulharjo merupakan warisan dan peninggalan dari HB I dan HB II (dulunya pesanggrahan dan tempat tetirah) yang selama ini banyak terbengkalai. Melalui festival ini, Dinas Kebudayaan mengajak-serta masyarakat untuk gumregah merawat, menjaga, dan melestarikan warisan dari para leluhur ini. Hal yang juga dimaksudkan sebagai implementasi dari nilai-nilai keistimewaan Yogyakarta.

Jogja Gumregah
Jogja Gumregah

Sejalan dengan itu pula, kegiatan Festival Jogja Gumregah ini dimaksudkan pula sarana di mana masyarakat diajak menyadari bahwa manusia tidak pernah bisa lepas dari alam, budaya, dan sejarahnya. Ada kaitan-kaitan dan saling pengaruh di antara ketiganya, di mana salah satu out put-nya adalah adanya warisan-warisan dari masa silam. Yang diperlukan adalah memahami secara tepat, proporsional, dan logis dalam meletakkan ketiganya di dalam diri dan kehidupan manusia dan seyogyanya tercermin dalam tata kelola di dalam masyarakat.

Dengan landasan itulah, penyelenggara berharap Cak Nun dapat memberikan wawasan mengenai bagaimana warisan dari leluhur dipahami, dijaga, dan diseimbangkan dengan keperluan-keperluan di mana kini, bagaimana generasi sekarang dapat belajar dari situ, dan hal-hal lain yang bersifat revitalisasi nilai-nilai dari sejarah, yang salah satunya berwujud situs atau heritage. (hm/adn)