Ibu Novia Kolopaking Membuka Festival Sekolah Keluarga

Ibu Novia Kolopaking membuka Festival Sekolah Keluarga SALAM (Sanggar Anak Alam) yang diadakan di Rumah Maiyah.

Dalam  rangka Hari Pendidikan Nasional 2016, Sanggar Anak Alam (Salam) dan Rumah Maiyah menyelenggarakan sebuah acara yang diharapkan akan membuka wawasan tentang pendidikan anak. Khususnya pendidikan dasar.

Acara ini dikemas dalam bentuk festival yang ringan, menyenangkan, dan memanusiakan, sebagaimana seharusnya pendidikan di sekolah itu berjalan. Bertempat di Rumah Maiyah, Jl. Wates Km 2,5 Gg Barokah 287 Kadipiro, Bantul, Yogyakarta. Acara ini dihelat pada 30 April hingga 2 Mei 2016.

Ibu Via memberikan sambutan sekaligus membuka acara.
Ibu Via memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Foto: Tim Grabag.

Dalam acara ini, ada beberapa agenda yakni pameran pendidikan dan karya anak, pameran fotografi anak, pentas anak : jimbe, pantomim, dan lainnya. Serta tak kalah penting yakni diskusi keluarga tentang pendidikan.

“Ada pula aneka workshop seperti wayang kardus, komik, handlettering. Serta pasar seni dan pangan sehat, perpustakaan dan dongeng. Acara ini dapat diikuti oleh orang tua dan anak.

Ibu Via berdialog dengan Pak Toto dan Ibu Wahya tentang Sekolah Keluarga.
Ibu Via berdialog dengan Pak Toto dan Ibu Wahya tentang Sekolah Keluarga. Foto: Tim Grabag.

Dalam sambutannya, Ibu Novia menyatakan sangat setuju dengan konsep sekolah keluarga yang digagas oleh Sanggar Anak Alam yang menjadi bagian dari Keluarga Maiyah.

Menurut Bu Via, tak hanya anak-anak yang bersekolah, tetapi juga orang tua. Sampai kapanpun orang tua harus sekolah, terus mencari hal-hal yang baik dalam kehidupannya.

Ibu Via menyaksikan hasil karya anak-anak Salam.
Ibu Via menyaksikan hasil karya anak-anak Salam. Foto: Tim Grabag.

Melihat proses belajar dan menyaksikan hasil karya anak-anak yang dipamerkan dalam acara ini, tak peduli bagus atau tidak, menurut beliau yang terpenting adalah bagaimana anak-anak dapat mengekspresikan diri, mengungkapkan rasa, dan menumbuhkan keberanian. Maka salah satu kewajiban Rumah Maiyah adalah memberikan fasilitas untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat terutama bagi anak-anak dan kita semua.

Ibu Via berdialog dengan Orang Tua murid
Ibu Via berdialog dengan Orang Tua murid. Foto: Tim Grabag.

Selanjutnya, Bu Via me-launching situs baru Sanggar Anak Alam yaitu www.salamyogyakarta.com. Situs ini harus disambut baik karena memberikan banyak informasi mengenai Salam yang selalu update, sehingga orang tak perlu harus berkunjung jika ingin mendapatkan informasi awal tentang Sanggar Anak Alam. (Tita)