Harmoni Kal Jasadil Wahid

Mereka mengundang Cak Nun untuk mendapatkan semangat dan ilmu yang khas Cak Nun dalam memahami hakikat manusia dan harmoni.

Sebelum malam nanti di Mocopat Syafaat, pagi ini, 17 November 2016, Cak Nun berada di Bali. Pertamina Lubricant mengundang Cak Nun untuk berbicara dalam acara Annual Conference and Gathering 2016 dengan tema “Togetherness in Harmony”. Acara ini digelar di Mulia Resort Nusa Dua Denpasar Bali.

Annual Conference and Gathering 2016
Annual Conference and Gathering 2016. Foto: Gandhie.

Audiens pada pertemuan ini adalah jajaran internal Pertamina Lubricants, distributor (dalam dan luar negeri), supplier (dalam dan luar negeri), dan para pelanggan dengan latar belakang lintas suku, bangsa, dan agama yang. Pertamina Lubricant adalah perusahaan Pertamina dengan produk utama pelumas dengan visi menjadi perusahaan berkelas dunia.

Mereka mengundang Cak Nun untuk mendapatkan semangat dan ilmu yang khas Cak Nun dalam memahami hakikat manusia dan harmoni. Pada kesempatan itu, didampingi VP Overseas Pak Sigit, Cak Nun menyampaikan berbagai view tentang harmoni. Di antaranya dari filosofi keharmonisan di dalam keluarga, makna persuamiistrian, kandungan konsep dan makna sejati assalamualaikum, sampai pada pengertian harmoni yang bertitik berat pada keberadaan masing-masing bagian yang bekerjasama seperti badan yang satu alias kal jasadil wahid sebagaimana gambaran dari Nabi Muhammad.

Selain itu, audiens juga diajak kembali mengingat hal-hal yang sederhana, yaitu peran Tuhan dalam membagi rezeki. Pedagang dapat berjejer dengan jualan yang sama, tetapi Tuhanlah yang membagi rezeki. Yang paling utama, Cak Nun menyampaikan kepada mereka sesuatu yang boleh jadi belum pernah mereka dengarkan, yaitu bahwa hidup itu abadi. Bahwa masa depan manusia adalah keabadian, sebagaimana Allah sendiri mengatakan Kholidiina fiiha abada (kekal lagi abadi), dan karena itu manusia tak bisa mengelak dari keabadian. Manusia wajib abadi.

Cak Nun bertemu coach Indra Sjafri.
Cak Nun bertemu coach Indra Sjafri. Foto: Gandhie.

Cak Nun berangkat ke Bali tadi malam dan hanya berselang satu hari saja dari rangkaian acara Maiyahan di Jawa Timur. Di Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar, selain dijemput oleh Pak Sigit VP Overseas Pertamina Lubricant, Cak Nun juga turut disambut oleh Pak Indra Sjafri mantan coach Timnas U19 yang kini melatih Bali United. Dari Bandara, beliau-beliau bergerak menuju hotel Mulia Resort. Di situ, coach Indra Sjafri dan Cak Nun berbincang-bincang. Sudah lama beliau berdua tak bersua. (hm/gd/adn)