Buku: Sekolah Biasa Saja

Ada banyak ungkapan pendidikan yang hidup diantara kita: Belajar dari Kenyataan, Belajar dari Pengalaman, Belajar dari Peristiwa, Belajar dari Lingkungannya Sendiri, Ilmu Ketemune Kanthi Laku —kita tahu bahwa kebanyakan kita justru bukan belajar dari lingkungan yang ada, malah belajar dari antah berantah, bukan belajar dari yang senyata-nyatanya ada.

Hampir kebanyakan mempelajari bayangan, mempelajari fatamorgana yang sangat susah dipahami apalagi dimiliki. Motto belajar seperti itu sudah lama dikenal di negeri kita ini. Namun penerapan prinsip yang sehat dan dahsyat ini dalam system persekolahan kita boleh dikata tidak pernah terjadi. Sekolah-sekolah kita mulai dari jenjang terendah sampai jenjang tertinggi masih mengikuti metode “Sekolah Dengar”.

Buku yang baru saja dirilis ini ditulis oleh salah satu pendiri KiaiKanjeng, Toto Rahardjo, yang pernah beberapa kali menyunting buku-buku Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), Romo YB. Mangunwijaya, Mansour Fakih, Roem Topatimasang, dan penulis lainnya, dan saat ini mengelola Laboratorium Pendidikan Dasar “Sanggar Anak Alam” di Nitiprayan, Yogyakarta.

Sekolah Biasa Saja
Buku “Sekolah Biasa Saja”

Judul buku : Sekolah Biasa Saja

Penulis : Toto Rahardjo

Penerbit : Progress, Yogyakarta

Cetakan : Pertama, 2014

Tebal : xxii + 183 halaman

Buku ini dapat dipesan melalui Perpustakaan EAN, Jl. Wates km 2.5 Gg. Barokah No. 287 Kadipiro Yogyakarta, atau melalui Telp (0274) 618810, HP 08122699110. Harga Rp 50.000,00 (belum termasuk ongkos kirim).