CakNun.com

ORANG KASAR Pentas Teater 3 kota JOGLOSEMAR

Redaksi
Waktu baca ± 2 menit
ORANG KASAR oleh Teater Sarkem
ORANG KASAR oleh Teater Sarkem

Sanggar kemanusiaan (SARKEM) Yogyakarta, sebagai salah satu sanggar teater di Yogyakarta, akan kembali mengadakan pementasan teater 3 kota dengan tajuk “Pentas JOGLOSEMAR (Jogjakarta – Solo – Semarang)”. Pementasan ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi budaya antarpenikmat seni, khususnya di wilayah Jogja, Solo, dan Semarang. Dalam pementasan kali ini, SARKEM mengangkat naskah berjudul ORANG KASAR karya Anton Chekov saduran WS Rendra.

Melalui pementasan ORANG KASAR, SARKEM mengajak untuk jujur pada diri sendiri maupun orang lain dalam bersikap. Tidak perlu gengsi atau pun malu mengungkapkan kasih sayang. Ditambah lagi dengan begitu banyaknya “topeng pencitraan” yang sering kita jumpai di mana saja.

Lakon Orang Kasar berkisah tentang kedua pihak yang saling berlaku kasar dalam tindakan maupun kata-kata namun pada akhirnya saling jatuh cinta. Nyonya Martopo, seorang janda yang ditinggal mati oleh suami tercintanya. Setelah suaminya meninggal, ia baru tahu bahwa suaminya tidak setia. Maka ia berkabung terus menerus untuk membuktikan bahwa ia tetap setia, tidak seperti suaminya. Namun tidak itu saja, ternyata suaminya memiliki hutang yang belum dibayar. Hidup sang janda terusik ketika sang penagih hutang, Baitul Bilal, datang. Si janda enggan membayar karena merasa hal itu bukan urusannya. Akhirnya perseteruan antara si janda dan lelaki penagih hutang itu pun terjadi sangat histeris, humoris, sekaligus romantis. Ya, si penagih hutang jatuh cinta kepada si janda. Begitu pula si Janda.

Lakon ORANG KASAR disutradarai oleh Jaka AZ dan pimpinan produksi oleh Nadia Aghnia, dengan pemain, Weda sebagai Nyonya Martopo, Miko sebagai Baitul Bilal, Genjik sebagai Pak Darmo. Adapun tim artistiK terdiri dari Bayu, Sondang, Becak, Adi, Brenda, Awis, Kijing, dan Bajuri. Sedangkan tim produksi terdiri dari Nafil, Fairuz, Tikah, dan Erang. Lakon ini akan dipentaskan di Rumah Budaya EAN Jl. Barokah No. 287 Kadipiro, Bantul, Yogyakarta pada hari Jumat tanggal 8 Maret 2013 pukul 19.00 WIB, Sanggar Teater Tesa Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS Jl. Ir. Sutami No. 36A Surakarta pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2013 pukul 19.00 WIB, dan Sanggar Teater BETA IAIN Walisongo Semarang, Jl. Walisongo No. 3-5 Semarang pada hari Senin tanggal 25 Maret2013 pukul 19.00 WIB.

Lainnya

Fiqih Tanpa Aqidah, Bumi Tanpa Langit

Fiqih Tanpa Aqidah, Bumi Tanpa Langit

Setelah Wirid Wabal yang dipandu Hendra dan Ibrahim, Kenduri Cinta edisi Maret 2016 yang mengangkat “Fiqih Tanpa Aqidah, Bumi Tanpa Langit” kemudian dimulai dengan sesi prolog.

Kenduri Cinta
Kenduri Cinta
Maiyah Penangkal Petir

Maiyah Penangkal Petir

Memasuki tahun 2022, Kenduri Cinta kembali diselenggarakan secara offline.

Kenduri Cinta
Kenduri Cinta