Meneropong Zaman Bersama Markesot

Progress Jogja didukung penuh oleh Penerbit Mizan Bandung akan menggelar acara diskusi buku “Markesot Bertutur” karya budayawan Emha Ainun Nadjib. Diskusi ini bakal digelar 5 November 2012, bertempat di Pendopo Kadipiro Jl. Barokah 287 Kadipiro Yogyakarta dan dimulai pukul 19.00 WIB. Dua narasumber yang akan mengulas buku ini adalah Kuskridho Ambardi (Dosen Fisipol UGM) dan Andityas Prabantoro (Chief Editor Penerbit Mizan). Diskusi akan dipandu oleh moderator Toto Rahardjo.

Buku Markesot Bertutur hadir kembali pada 2012 untuk menyapa para pembaca terutama karena obrolan-obrolan Markesot, tokoh utama buku ini, dengan kawan-kawannya yang tergabung dalam Konsorsium Para Mbambung (KPMb) ternyata tetap memiliki relevansi dengan pelbagai peristiwa kekinian di negeri ini. Multitema yang menjadi bahan perbincangan di lingkaran Markesot itu sesungguhnya mencerminkan begitu banyaknya problematika di tengah-tengah masyarakat yang masih belum terpecahkan. Dalam pada itu, Markesot mengajak teman-temannya, Markembloh, Markasan, Markemon, dan lain-lain untuk melihat dan membaca keadaan dengan jernih, arif, bernafas panjang, dan cerdas.

“Dengan diskusi ini, kita coba memasuki dunia batin dan gagasan tokoh Markesot sekaligus menafsirkannya untuk konteks Indonesia saat ini. Selain itu, diskusi ini juga dimaksudkan untuk menggugah betapa otentisitas, keunikan, kemerdekaan, kesederhanaan, adalah nilai-nilai yang dalam banyak hal malah bisa saja terkebiri pada masa ketika nilai-nilai tersebut seharusnya mendapat tempat dan ruang secara memadai. Maka, relevansi di balik tokoh Markesot bukan saja pada filosofi, dimensi-dimensi sosial budayanya, melainkan juga terkait apa yang sekarang dikenal dengan istilah pembangunan karakter,” kata Helmi Mustofa, koordinator acara Diskusi Buku Markesot Bertutur ini.

Helmi juga menambahkan bahwa acara diskusi yang dirancang sebagai forum yang santai tetapi intens mengkaji topik yang sedang didiskusikan ini terbuka untuk umum dan gratis. Acara yang diberi nama Diskusi Markesotan kali ini juga akan dimeriahkan oleh kelompok musik keroncong “Adakalanya” dari Jogja.

Yogyakarta, 1 November 2012

Eko Nuryono
Koordinator publikasi
CP: +6281904276279